Modifikasi Motor Vespa Primavera Gaya Rally Dakar dari Bali Habis Dana Rp 20 Jutaan

EPICTOTO – Siapa bilang Vespa matic hanya bisa dimodif gaya racing atau kalcer.

Buktinya Vespa Primavera 150 dari Bali ini bisa diubah beraliran rally dakar.

Ialah Sena Karilo, pemilik modifikasi motor Vespa Primavera dengan livery tim rally Marlboro.

Sebenarnya Sena telah memamerkan motor matic itu di acara Good Vespa Bali, namun saat itu memakai livery berbeda.

Baru pada gelaran Indonesia Custom Show (ICS) 2024 di Yogyakarta, ia memasang livery Marlboro.

“Bulan Juni ikut acara Good Vespa,” ucap Sena dihubungi MOTOR Plus-online, Jumat (6/9/2024).

“Awalnya support acara temen, eh terus disuruh ikutan kontes yang lain malah kecanduan,” sambungnya.

Adapun konsep rally dakar adalah hasil buah pikiran Sena dengan Skuter Koloni, bengkel spesialis Vespa matic di Pulau Dewata.

Banyak komponen kustom yang dibuat, sehingga minim sparepart aftermarket di Situs Togel Online

“Rata-rata main kustom alias enggak main variasi yang kekinian, sekarang jadi kayak template motornya semua,” lanjut Sena.

Mengejar nuansa rally dakar, ubahan di area fascia atau tameng depan jadi sorotan utama.

Mulai dari penyematan sport screen racing vintage Vespa klasik dari bahan fiber, serta tambahan headlight guard grill kustom dengan cover gaya Lucas Italy.

Area kokpit dipercantik dengan pemasangan handguard variasi model trail lawas.

Lalu spion kotak tinggi kepunyaan Vespa klasik merek Vicma.

Ubahan lainnya di area kokpit, yaitu tuas rem Zelioni silver, handgrip Ariete Italy dan GPS Garmin.

Turun ke area kaki-kaki, pelek menggunakan HD Corse yang dimodif ala pelek mobil rally Compomotive.

Pelek 12 inci itu dibalut ban dual purpose lansiran Pirelli SL60.

Sistem peredaman kena upgrade pakai sokbreker Ohlins, sementara pengereman depan memakai kaliper Brembo.

Ubahan lainnya di kaki depan terdapat cover discbrake kustom fiber handmade dan cover fork aftermarket.

Geser ke tengah, terpasang jok kustom gaya Pole Position yang biasa terpasang di Vespa PX Series.

Paling keren area dek tengah ada crashbar kustom dengan tambahan tangki bensin 5 liter ala motor balap dakar.

Beberapa area body juga kena kustom untuk mempertegas gaya rally dakar.

Seperti sepakbor depan dipotong dan dipasang lebih tinggi dari posisi standar, lalu tersemat cover kolong dan cover CVT berbahan plat besi. 

Lalu ducktail kustom dan lampu belakang kustom pakai Honda Win.

Tidak ada ubahan di sektor mesin, namun ada upgrade di area CVT seperti roller dan v-belt dari Malossi.

Kemudian pipa gas buang alias knalpot menggunakan lansiran Shijiro.

Sena menuturkan, modifikasi paling sulit ada di bagian crashbar atau rollbar tengah.

“Ya nyetting rollbar tengah yang paling effort, sisanya moderate lah,” sambung Sena.

Menurut Sena, untuk mengubah Vespa Primavera bergaya rally dakar membutuhkan waktu sekitar 2 bulan dan biaya mulai Rp 25 jutaan.

“Proses paling maksimal 2 bulan, biaya kurang lebih Rp 10 jutaan di luar variasi, karena saya kolaborasi bareng Skuter Koloni, jadi saling support,” tambahnya.

“Kalau sama variasi pelek, sokbreker dan lainnya mungkin jadi Rp 25-30 jutaan,” pungkas Sena.

Di event ICS 2024, modifikasi motor Vespa Primavera 150 ini menyandang gelar ‘The Perfect Custom Scooter Matic’.

DATA MODIFIKASI

Pelek: HD Corse modif stiker Compomotive
Ban: Pirelli SL60
Sokbereker (depan/belakang): Ohlins
Kaliper rem depan: Brembo
Cover discbrake: kustom fiber
Jok: kustom gaya Pole Position
Sportscreen: kustom fiber Vespa PX series
Foglamp: aftermarket dengan guard grill kustom dan cover Lucas Italy
Spion: Vicma
Handguard: aftermarket untuk trail lawas
Knalpot: Shijiro
Crashbar: kustom besi roll
Behel belakang: kustom besi
Mesin: standar
CVT: roller, per torsi dan v-belt Malossi
Cover lampu sein: Zelioni
Tuas rem: Zelioni silver
Handgrip: Ariete Italy
Footstep: Racing Suzuki Satria
GPS: Garmin

Sumber: https:/angkaraja.web.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *